Berita

Wamenag Launching 2 Desa di Boalemo Sebagai Kampung Moderasi Beragama

Rabu, 26 Juli 2023 23:56 WIB
  • Share this on:

Boalemo (Boalemo.kemenag.go.id) – Wakil Menteri Agama (Wamenag) Republik Indonesia (RI), Saiful Rahmat Dasuki secara resmi melaunching Desa Bongo III Kecamatan Wonosari dan Desa Tabulo Kecamatan Mananggu Kabupaten Boalemo sebagai kampung Moderasi Beragama secara virtual, Rabu (26/07/2023)

Kegiatan launching tersebut berlangsung secara Daring dan Luring yang tersebar di seluruh Provinsi yang ada di Indonesia dengan jumlah desa yang dilaunching sebagai Kampung Moderasi Beragama sebanyak 1.000 Desa.

Dalam sambutannya, Gus Saiful mengungkapkan dengan digelarnya kegiatan ini merupakan sebuah bukti nyata dari kementerian Agama dalam mendorong masyarakat untuk menjunjung tinggi toleransi antar umat beragama.

“Program ini merupakan langkah yang sangat positif dalam mempromosikan perdamaian, toleransi dan moderasi  dalam beragama,” ucapnya.

Lebih lanjut, dirinya mengatakan, dengan dilaksanakannya kegiatan ini dapat menjaga kerukunan dan keberagaman masyarakat yang ada di setiap wilayah Indonesia.

“Untuk itu, saya sangat mengapresiasi kepada seluruh pihak yang telah mendukung program ini, khususnya kepada Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam yang telah menghasilkan program 1.000 Kampung Moderasi Beragama serta menghasilkan 2.563 rintisan Kampung Moderasi Beragama,” tambhanya lagi.

 Sementara itu, Kakankemenag Boalemo, H. Fahry J. Djafar mengatakan didaulatnya ke dua Desa tersebut karena penduduk yang berada di dua Desa tersebut sangat beragam.

“Inilah yang menjadi keunikan tersendiri bagi desa tersebut. Diibaratkan seperti taman bunga, tidak akan indah dipandang jika sebuah taman hanya memiliki satu bunga saja,” ucap Fahry dihadapan para tamu undangan sesaat sebelum pelaksanaan zoom meeting.

Olehnya, Fahry berharap, dengan dilaunchingnya ke dua Desa tersebut sebagai Kampung Moderasi Beragama, maka kerukunan yang ada di Desa tersebut wajib untuk ditingkatkan.

“Sejarah telah membuktikan bahwa Desa Tabulo terkenal dengan berbagai macam agama dan hidup berdampingan. Jadi sebelum ada program Kampung Moderasi Beragama, masyarakat di sini sudah menjunjung tinggi toleransi. Dan dengan didaulatnya Desa Tabulo, diharapkan kerukunan ini bisa ditingkatkan. Sama halnya juga dengan Desa Bongo III yang ada di Kecamatan Wonosari,” jelas Fahry.

Untuk diketahui, turut hadir pada zoom yang dipusatkan di Kantor Camat Mananggu, Kakankemenag Boalemo, H. Fahry J. Djafar, didampingi Kasi Bimas Islam Wani Tuki, Penyelenggara Zakat dan Wakaf Midun Paulu, Kepala KUA se- Kabupaten Boalemo, Camat Mananggu, FKUB Kabupaten Boalemo serta kapolsek Mananggu.

Editor:
Hidayat
Penulis:
Hidayat
Fotografer:
Hidayat

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB