Berita

Ukur Capaian Standar Kompetensi Lulusan, MIN 2 Boalemo Selenggarakan AMBK Tahun 2023

Selasa, 2 Mei 2023 08:04 WIB
  • Share this on:

BOALEMO (kemenag.go.id) – Dalam rangka mengukur pencapaian standar kompotensi lulusan  pada satuan Madrasah, maka perlu diselenggarakan asesmen pada akhir jenjang pendidikan dalam bentuk Asesmen Madrasah.

Tahun pelajaran 2022/2023 Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Boalemo menjadi salah satu Madrasah yang menyelenggarakan Asesmen Madrasah Berbasis Komputer (AMBK), Senin (10/04/23). Penyelenggaraan AMBK di MIN 2 Boalemo akan berlangsung selama 5 (Lima) hari mulai 10 sampai dengan 14 April 2023.

Kepala MIN 2 Boalemo, Santon Dj. Kadir mengatakan bahwa pelaksanaan AMBK tahun 2023 ini diikuti oleh 16 orang peserta didik kelas VI. AMBK tersebut dilaksanakan selain untuk mengukur pencapaian standar kompotensi lulusan, juga sebagai salah satu persyaratan bagi peserta didik untuk penentuan kelulusan.

“AMBK merupakan program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama (Kemenag) untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran yang dilaksanakan pada akhir jenjang pendidikan Madrasah,” kata Santon.

Sementara itu, Marten Ibrahim selaku proktor sekaligus penanggung jawab AMBK tahun 2023 mengungkapkan bahwa mata pelajaran yang diujikan meliputi seluruh mata pelajaran yang diajarkan pada kelas akhir pada satuan pendidikan, baik kelompok mata pelajaran wajib maupun muatan lokal.

“Peserta didik wajib mengikuti semua mata pelajaran yang diujikan yang dilaksanakan berbasis komputer dan pemeriksaan dan pengolahan hasil dilakukan secara komputerisasi serta wajib mematuhi tata tertib pelaksanaan AMBK tahun 2023,” ungkap Marten.

Pelaksanaan AMBK tahun 2023 ini bertujuan untuk mengetahui pencapaian hasil belajar peserta didik pada akhir jenjang pendidikan sesuai standar kompetensi lulusan (SKL) yang telah ditetapkan oleh Madrasah,” tandasnya (Goes/Lis)

Editor:
Lisna Purnamasara
Kontributor:
Gusnawan

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB