Berita

Tumbuhkan Niat Haji Sejak Dini, Kemenag Boalemo Gelar Madrasah Bermanasik

Selasa, 29 Agustus 2023 13:14 WIB
  • Share this on:

Boalemo (Boalemo.kemenag.go.id) – Sebanyak 983 siswa Madrasah se- Kabupaten Boalemo ikuti Kegiatan Madrasah Bermanasik yang dilaksanakan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Boalemo melalui seksi Pendidikan Madrasah, Senin (28/08/2023).

Kegiatan yang berlangsung di Asrama haji tersebut berhasil memantik semangat para siswa dan guru yang ada di Madrasah untuk berbondong-bondong menyukseskan kegiatan tersebut.

Saat diwawancarai usai kegiatan tersebut, Kakankemenag Boalemo, H. Fahry J. Djafar yang pada saat itu menjadi pembimbing Manasik Haji mengaku merasa senang atas semangat yang ditimbulkan para siswa-siswi Madrasah saat pelaksanaan Madrasah Bermanasik tersebut.

“Hal itu dibuktikan dengan materi-materi yang saya jelaskan mampu diserap dengan baik oleh para siswa khususnya MI,” ucapnya.

Pada kesempatan tersebut juga, Kakankemenag Boalemo menjelaskan secara rinci perbedaan rukun Haji dan Rukun Umrah.

“Mulai dari Rukun Haji yakni Niat, Wukuf, Tawaf, Sa’I sampai pada menggunting rambut dan tertib. Mampu diterapkan dengan baik oleh para peserta,” ucapnya.

Untuk itu, dirinya berharap kepada Seksi Madrasah agar kegiatan positif ini bisa menjadi kegiatan rutin tahunan agar supaya kedepan para siswa bisa menumbuhkan niatnya untuk pergi Haji dan Umrah sejak dini.

“Hal ini patut kita syukuri bersama bahwa disamping anak-anak ini melakukan wisata religi, kami juga mengenalkan kepada anak-anak bagaimana tatacara pelaksanaan haji dan umrah sehingga kedepan mereka bisa mempunyai niat yang mulia ini,” ucapnya.

Penulis:
Hidayat
Fotografer:
Hidayat

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB