Berita

Terapkan Factual Learning, MTsN 2 Boalemo Gelar Study Tour

Rabu, 15 Maret 2023 12:29 WIB
  • Share this on:

BOALEMO (kemenag.go.id) - Guna menerapkan pembelajaran berbasis fakta atau Factual Learning, peserta didik Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Boalemo laksanakan study tour (13/3/2023). Destinasi yang dikunjungi para siswa kelas 8 ini adalah Museum Purbakala Provinsi Gorontalo dan Benteng Otanaha.

Wakil Kepala Madrasah (Wakamad) bidang Kurikulum MTsN 2 Boalemo Retnaningsih yang mendampingi para peserta didik pada kegiatan study tour ini mengungkapkan bahwa, factual learning merupakan pembelajaran yang dilakukan dengan berbasis fakta atau nyata. Siswa mengamati langsung objek pembelajaran, kemudian siswa mempelajari dan menyimpulkan. Sehingga pada kegiatan ini siswa menjadi subjek pembelajaran.

“Pada kegiatan study tour ini siswa-siswi mempelajari dan menganalisa berbagai objek bersejarah yang ada di dua destinasi yakni museum dan benteng otanaha. Kami selaku guru hanya menjadi fasilitator dalam kegiatan pembelajaran tersebut, karena factual learning menuntut anak-anak dapat mempelajarinya dan menyimpulkan langsung,” terang Retna.

Begi para peserta didik, kegiatan study tour merupakan momen yang sangat dinanti. Sehingga diharapkan, sepulang dari kegiatan wisata edukasi ini, siswa mampu menambah pengetahuan tentang hal-hal yang sebelumnya belum dipahami dan dapat merefresh kesibukan mereka selama pembelajaran di sekolah.

“Melaui kegiatan ini semoga anak-anak kami dapat mengenal sejarah sebagai referensi bagi peradaban masyarakat Provinsi Gorontalo. Selain itu, semoga momen study tour ini dapat meningkatkan semangat belajar siswa karena dapat mengamati sumber informasi secara langsung dan memberikan pengalaman yang menarik,” harap Retna. (dmr/Lis)

Editor:
Lisna Purnamasara
Kontributor:
Dinny Rahmawaty

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB