Berita

Sambut Bulan Suci Ramadhan 1444 Hijriyah, MIN 1 Boalemo Gelar Halal Bi halal

Jumat, 24 Maret 2023 13:50 WIB
  • Share this on:

BOALEMO (kemenag.go.id) - Sambut datangnya Bulan Suci Ramadhan tahun 1444 Hijriyah yang bertepatan tahun 2023 Masehi, Civitas Akademik Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Boalemo gelar Halal Bi Halal, di lapangan MIN 1 Boalemo, yang diikuti seluruh warga Madrasa, Senin (20/3/23).
 
Kepala MIN 1 Boalemo Hartono Hamid dihadapan warga madrasah mengungkapkan, dalam menyambut datangnya bulan suci ramadhan 1444 Hijriyah, harus mempersiapkan dua hal yakni materi dan Jiwa atau mental. Yang mana materi untuk memenuhi kebutuhan kita dalam menjalankan ibadah selama bulan suci ramdhan serta jiwa atau mental merupakan bentuk kesiapan fisik kita dalam melakukan ibadah puasa.

“Dua Hal yang perlu disiapkan dalam menjalankan puasa di bulan suci ramadhan yakni materi dan jiwa kita,” Jelas Hartono dihadapan warga madrasah.
 
Lanjutnya menambahkan, kegiatan Halal Bi Halal merupakan tradisi leluhur yang hanya ada di indonesia yang memiki tujuan yang sangat mulia. Dimana kegiatan halal Bi Halal ini mampu menjaga dan mempererat tali persaudaran antar sesama.

“Halal Bi Halal merupakan tradisi yang harus di jaga dan di lertarikan karena memiliki tujuan mulia dalam menjaga dan mempererat persaudaraan,” Jelas Hartono.
 
Sementara itu, dalam kegiatan Halal Bi Halal tersebut diisi dengan tausiah yang disampaikan oleh Olpin Ahmad, salah seorang tenaga pendidik di MIN 1 Boalemo. Olpin mengatakan Halal Bi Halal merupakan moment untuk saling bermaaf-maafan antar sesama. Sehingga dalam melaksanakan ibadah di bulan suci ramadhan hati terasa tenang dan tentram.
 
“Moment Halal Bi Halal merupakan Moment untuk saling bermaaf-maafan, sehingga hati tetap tenang dalam menjalankan ibadah puasa,” Ujar Olpin.

“Saya mengharapkan kepada seluruh peserta didik untuk bisa menjalankan ibadah puasa bulan suci ramadhan sehingga menjadi ladang amal kebaikan,”harapnya. (s@id/Lis)

Editor:
Lisna Purnamasara
Kontributor:
Rahman Said

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB