Berita

Kepala MTsN 2 Boalemo: Supervisi Untuk Meningkatkan Kualitas dan Pengelolaan Pembelajaran

Selasa, 21 Pebruari 2023 07:50 WIB
  • Share this on:

BOALEMO (kemenag.go.id) - Supervisi akademik yang rutin dilaksanakan tiap awal semester mulai dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Boalemo Senin (20/2/2023). Ini merupakan tindak lanjut dari rapat evaluasi bulanan yang dilaksanakan 8 Februari kemarin yang salah satu agendanya adalah membahas supervisi akademik. 

Menurut Kepala MTsN 2 Boalemo Erman Hubu, ihwal supervisi akademik ini ialah sebagai upaya dalam peningkatan kualitas dan pengelolaan pembelajaran, sehingga hal ini sangat penting untuk lakukan pada setiap madrasah. Yang mana supervisi dimulai dari guru golongan IV oleh Kepala Madrasah, dan selanjutnya Kepala Madrasah dibantu oleh guru bergolongan IV melakukan supervise pada guru lainnya. 

“Proses pembelajaran adalah yang paling pertama dan utama untuk menjamin kualitas suatu pendidikan. Olehnya itu, supervisi ini diarahkan untuk pengendalian, penjaminan sekaligus perbaikan mutu pembelajaran. Dengan tujuan agar ending-nya nanti akan terjadi peningkatan mutu pembelajaran sehingga ada peningkatan kualitas hasil pembelajaran terhadap anak didik kita,” papar Erman.

"Kali ini saya dibantu oleh para guru golongan IV yakni Muinah Sarkum, Sarwin Bahuwa, Nikma La Sadi dan Marlina Madjid dalam pelaksanaannya. Saya harapkan dengan bantuan dari para guru hebat ini, kami dapat melakukan pembinaan, pembimbingan, konsultasi, pendampingan, dan pemantauan proses pembelajaran, baik pada tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Dan pada pelaksanaannya menghindari praktik semata-mata penilaian terhadap guru, namun yang lebih urgen adalah bagaimana mewujudkan pengelolaan pembelajaran yang profesional,," tutup Erman. (dmr/Lis)

Editor:
Lisna Purnamasara
Kontributor:
Dinny Rahmawaty

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB