Berita

Kegiatan KKG,  Guru MIN 2 Boalemo Jelaskan Penyusunan ATP Kurdeka

Rabu, 15 Maret 2023 13:42 WIB
  • Share this on:

BOALEMO (kemenag.go.id) – Pada kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) Madrasah Ibtidaiyah (MI) se-Kabupaten Boalemo, salah seorang Guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Boalemo, Yeni Hursan mempresentasikan sekaligus menjelaskan secara detail penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Kurikulum Merdeka, di MIS As-Sabbirin Bubaa, Kecamatan Paguyaman Pantai, Selasa (14/03/23).

Menurut Yeni, ATP disusun untuk menjadi rangkaian tujuan pembelajaran sejak awal hingga setiap akhir fase dari suatu Capaian Pembelajaran (CP). 

“ATP ini disusun secara kronologis berdasarkan urutan pembelajaran dari waktu ke waktu untuk dijadikan sebagai pedoman maupun pegangan bagi Guru dan para peserta didik dalam mengukur CP,” jelas Yeni.

“Dalam menyusun ATP, Guru dapat merancang sendiri berdasarkan CP dan disesuaikan dengan kebutuhan maupun perkembangan para peserta didik di Madrasah khususnya dikelas yang diampu,” tambahnya.

“ATP harus memenuhi keberagaman potensi, kebutuhan, perkembangan, tahapan belajar serta kepentingan para peserta didik. Selain itu ATP juga harus sesuai dengan karakteristik satuan pendidikan dan peserta didik serta konteks social budaya dan lingkungan,”pungkasnya.  (Goes/Lis)

Editor:
Lisna Purnamasara
Kontributor:
Gusnawan

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB