Berita

JH Tes Kebugaran, Kakankemenag Boalemo Minta Jemaah Tetap Tenang

Rabu, 15 Maret 2023 12:05 WIB
  • Share this on:

BOALEMO (kemenag.go.id) – Jemaah Haji (JH) asal Kabupaten Boalemo telah melakukan pengukuran kebugaran jasmani oleh tim kesehatan haji, di Alun-Alun Tilamuta (13/3/23).

Hal ini disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Boalemo H. Fahry J. Djafar saat melakukan  pendampingan pada seluruh Jemaah Haji asal Kabupaten Boalemo pada pemeriksaan kesehatan tersebut.

Tes kebugaran JH, dilakukan dengan metode rockport yaitu tes jalan/lari. Yang mana dalam pelaksanaannya Jemaah dibagi menjadi dua kelompok, yakni kelompok dibawah 60 Tahun dan kelompok 60 tahun keatas.

“Jemaah yang dibawah 60 Tahun dilakukan dengan jalan cepat atau lari kecil selama 6 menit, sedangkan lansia didampingi oleh tim kesehatan haji dengan berjalan pelan selama 6 menit,” ungkapnya.

Disela pelaksanaan pengukuran kebugaran, Fahry meminta pada JH untuk tetap tenang dan tidak risau dengan hasil tes kebugaran. Karena menurutnya tes kebugaran ini merupakan salah satu upaya untuk menjaga agar Jemaah tetap dalam kondisi bugar, mengingat perjalanan haji merupakan perjalanan yang panjang sehingga JH harus siap dari segi kesehatan.

“Bapak/Ibu Jemaah tidak usah risau dengan hasil pemeriksaan ini. Kita berdoa bersama insya Allah bapak/Ibu Jemaah sehat dan bugar dan bisa berangkat untuk menunaikan ibadah haji,” tambahnya.

“Bapak/Ibu juga bisa melanjutkan latihan dirumah secara mandiri, dengan berjalan kaki tiap pagi karena dalam pelaksanaan ibadah nanti ada beberapa rangkaian ibadah dengan berjalan,” tutupnya. 

Turut mendampingi, Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Boalemo H. Hamka Isa Boyola dan staff pada kegiatan tersebut. (Lis)

Penulis:
Lisna Purnamasara

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB