Berita

Evaluasi Dan Pemetaan Sistem Pendidikan, MIN 2 Boalemo Laksanakan ANBK Tahun 2023

Senin, 23 Oktober 2023 14:13 WIB
  • Share this on:

Paguyaman ( boalemo.kemenag.go.id ) –  Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Boalemo laksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tahun 2023.

Keigatan yang berlangsung di Ruang Laboratorium MIN 2 tersebut rencananya bakal dilaksanakan selama 2 hari. Yakni, 23 dan 24 Oktober tahun 2023.

Kepala MIN 2 Boalemo, Santon Dj. Kadir saat diwawancarai disela-sela pelaksanaan kegiatan ANBK tersebut mengatakan bahwa pelaksanaan ANBK ini merupakan sebuah bukti nyata dari MIN 2 Boalemo dalam menjalankan komitmen yang telah disepakati.

“Pelaksanaan ANBK ini diikuti oleh 19 siswa MIN 2 secara virtual, ANBK ini tidak hanya bertujuan untuk mengevaluasi peserta didik saja. Melainkan, lebih fokus pada evaluasi dan pemetaan system pendidikan secara keseluruhan, meliputi Input, Proses serta Hasil, tutur Santon.

Lebih lanjut, Santon menjelaskan bahwa Asesmen Nasional merupakan suatu program penilaian yang ditujukan untuk menilai kualitas setiap lembaga pendidikan khsusnya Madrasah dan program kesetaraan di tingkat dasar dan menengah.

“Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan belajar peserta didik yang mendasar (Literasi, Numerasi, dan Karakter) serta kualitas proses KBM (Kegiatan Belajar dan Mengajar) dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran.” Jelas Santon.

Disamping itu juga, Marten Ibrahim selaku Proktor pelaksanaan ANBK tahun 2023 tersebut menerangkan bahwa pada hari pertama sesi pertama dan kedua sukses dan berjalan lancar. Mereka terlihat bersemangat dalam menyelesaikan soal – soal sampai akhir.

“ Dengan beberapa persiapan yang sudah dilakukan oleh pihak Madrasah dan peserta didik seperti mengikuti simulasi 1 hingga gladi bersih, Alhamdulillah pelaksanaan kegiatan utama hari pertama ini bisa berjalan dengan baik dan lancar.” Terang Marten.

Kontributor:
Gusnawan
Penulis:
Gusnawan
Fotografer:
Gusnawan

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB